Selamat Datang di Intranet STIKes Binawan | Sarana Informasi Civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binawan | ©2014 |

Program Studi D3 Kebidanan

Profil Program Studi D3 Kebidanan

SK Penyelenggaraan & Akreditasi :

• SK Penyelenggaraan : No. 1570/D/T/2009
• Akreditasi : No. 149/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dpl-III/VI/2013

Deskripsi Singkat :

Program Studi Diploma III Kebidanan STIKes Binawan merupakan pendidikan vokasional dalam program pendidikan tinggi kebidanan yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin, secara mandiri dalam pelaksanaan tanggung jawab pekerjaannya. Lulusan pendidikan Diploma III Kebidanan STIKes Binawan akan memiliki gelar akademik Ahli Madya Kebidanan (A.Md.Keb).

Beban studi program Diploma III Kebidanan memiliki sekurang-kurangnya 108 SKS dengan beban normal belajar mahasiswa adalah 8 jam perhari (48 jam/minggu setara dengan 18 SKS/semester) sampai 9 jam perhari (54 jam/minggu setara dengan 20 SKS/semester) dan ditempuh dalam masa studi 6 – 8 semester sesuai dengan pasal 17, Permendikbud no 44 tahun 2015. Program Diploma III Kebidanan ditempuh dalam waktu sekurang-kurangnya 6 (enam) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester setelah pendidikan menengah (SNPT/ SN DIKTI, 2015).

Visi :

Menjadi program studi kebidanan unggulan khususnya dalam pelayanan hipnobirthing, berdaya saing Nasional dan Internasional serta relevan dengan kebutuhan pengguna pada tahun 2025

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi kebidanan sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK) dan menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pelayanan hipnobirthing, serta berkiprah secara aktif dalam pembangunan kesehatan tingkat nasional dan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang kebidanan dan kesehatan guna menunjang pengembangan ilmu, teknologi dan profesi kebidanan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang kebidanan dan kesehatan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pembangunan kesehatan.
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional maupun internasional.
  5. Mengembangkan SDM dan sarana prasarana pendidikan yang mendukung proses belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan IPTEK.

Tujuan :

  1. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan sebagai tenaga bidan pelaksana yang mempunyai sikap profesionalisme, berakhlak mulia, bermoral mampu berwirausaha khususnya dalam pelayanan Kebidanan dengan hipnobirthing serta berkiprah secara aktif dalam pembangunan kesehatan tingkat nasional dan global.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah dalam bidang kebidanan dan kesehatan yang menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kebidanan serta yang bermanfaat bagi peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Terselenggaranya berbagai upaya pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Terselenggaranya kerja sama dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional maupun internasional.
  5. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan melalui pendidikan studi lanjut, seminar dan pelatihan serta meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran.

Perencanaan Studi :

Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan STIKes Binawan berasal dari lulusan SMA atau sederajat, dengan masa studi 6 semester, dengan gelar Ahli Madya Kebidanan (A.Md.Keb).

Dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Kebidanan telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya :

  1. Pembekalan ESQ bagi setiap mahasiswa.
  2. Pelatihan Hipnobirthing bagi setiap lulusan.
  3. Seminar kesehatan dengan narasumber dari Kementerian Kesehatan serta BKKBN.
  4. Praktek Kebidanan Komunitas bekerja sama dengan BAPELKES Magelang.
  5. Pembelajaran di laboratorium yang dilengkapi dengan minihospital.
  6. Pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan kehamilan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia.
  7. Penelitian kesehatan yang dilakukan bersama-sama dengan mahasiswa.
STIKes Binawan Sunday the 22nd.
Copyright 2012

©

BigCommerce Review